tips n trik ibu dan balita anda

Tips Aman Anak Pergi Ke Mall

Tips Aman Anak Pergi Ke Mall

Semakin besar anak maka keingintahuannya untuk mengetahui dunia luar juga akan semakin besar. Apalagi jika mereka sudah bersekolah dan menemukan lingkungan baru dengan teman-teman sekolahnya. Mereka akan kumpul-kumpul di suatu tempat yang mereka anggap seru. Seperti di mall, taman, gedung bioskop, dll.


Akan tetapi anda sebagai orangtua jangan terlalu memberikan kebebasan kepada mereka. Meskipun mereka pergi beramai-ramai tetap saja mereka masih butuh pengawasan dari anda. Di usia mereka masih labil, mereka masih mencari jati diri dan jangan sampai mereka masuk kedalan hal yang tidak baik. Mereka belum memahami betul mana kondisi aman dan yang tidak aman. Maka dari itu, jika anda memberikan ijin untuk kumpul bareng bersama teman-temannya maka yang harus diperhatikan adalah :

  • Beri penjelasan dan arahan yang jelas. Beri pengarahan kepada anak untuk berhati-hati jika main bersama-sama dengan temannya. Jangan sampai terpisah dari teman-temannya. Jika ingin pergi ke suatu tempat ajaklah teman, jangan pernah untuk pergi sendiri karena orang jahat selalu ada di sekitar kita. 

  • Ajari anak untuk bersikap manis dengan orang lain. Sikap sopan santun wajib dimiliki setiap anak. Maka dari itu didiklah anak untuk memiliki sikap seperti itu. Jangan mencemooh orang yang mungkin memiliki kekurangan fisik. Jangan sembarangan percaya kepada orang yang baru dikenal di jalan. Apalagi orang tersebut sampai memaksa. Berteriaklah jika memang diperlukan. 

  • Ajarilah kepada anak untuk meminta bantuan kepada orang lain. Beri pengetahuan kepada anak jika suatu saat pergi ke mall bersama teman-temannya dan terpisah dengan mereka. Minta kepada anak untuk mencari orang yang dapat dipercaya seperti satpam ataupun posisi yang lagi tugas dalam mall tersebut. Ajarkan kepada anak untuk menghafal alamat rumah maupun nomor telepon rumah. 

  • Carilah tempat yang aman. Tanyalah kepada anak anda ingi ke mall mana? Tentunya anda mengetahui kondisi mall tersebut. Jika dirasa keamanan mall tersebut terjamin maka anda bisa memperbolehkan anak anda untuk pergi. 

  • Jangan melepas sepenuhnya. Anak jangan diberi kepercayaan penuh. Kejahatan ada dimana-mana maka dari itu beri pengawasan kepada anak anda. Ikutilah anak anda dan awasi dari kejahuan, hal ini untuk tetap menjaga privasi anak dari teman-temannya. 

  • Anak jangan dibiarkan membawa barang berharga. Jangan biarkan anak membawa barang - barang yang berharga dan bisa memancing tindak kejahatan. Misalnya perhiasan, jam tangan mahal, gadget. Jika memerlukan membawa handphone ataupun dompet, alangkah baiknya menggunakannya di tempat yang aman. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10:01 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »