tips n trik ibu dan balita anda

Tips Merayu Anak Agar Mau Makan

Tips Merayu Anak Agar Mau Makan



Seorang ibu akan merasa senang jika anaknya tidak susah untuk makan. Lain halnya jika anak susah makan, meskipun dengan berbagai cara dan variasi makanan yang diberikan, ibu pasti akan merasa jengkel. Semuanya membutuhkan trik agar anak mau makan, meskipun lama yang penting makanan yang ada di mulut bisa masuk ke dalam perut. Anak tidak mau makan pastinya memiliki alasan. Alasan yang mereka miliki diantaranya adalah :

  • Pertama, karena hanya ingin menggoda anda.
  • Kedua, karena tidak suka dengan menu yang anda berikan. ( Entah sudah bosan atau memang tidak suka)

Mereka yang tidak mau makan, memiliki perilaku yang bisa dilihat, diantaranya :
  • Mengeluarkan makanan yang ada di mulut ( memuntahkannya ). Masalah seperti ini yang paling banyak dijumpai pada anak. Makanan sudah masuk ke dalam mulut, tidak langsung dikunyah kemudian ditelan tetapi hanya di didiamkan di mulut saja (diemut). Ujung-ujungnya adalah memuntahkan makanan tersebut. Jika dibiarkan, hal ini akan menjadi kebiasaan bagi sang anak. Jadi bagi para ibu, lakukanlah hal yang membuat suasana hati anak menjadi senang, seperti dengan mengajaknya bermain sambil menyuapi anak. 

  • Tidak konsentrasi untuk makan. Pada saat anak sedang makan biasanya mereka tidak fokus untuk menghabiskan makanan yang sudah disiapkan. Setelah makanan masuk ke mulut pasti mereka mencari hal baru yang akan menguji kesabaran ibu. Berikan kepada mereka kegiatan yang mereka sukai, seperti nonton film atau mainan agar mereka diam dan duduk manis. jadi ibu akan lebih mudah untuk menyuapinya.

  • Di "emut". Kebiasaan ini yang menghabiskan waktu. Anak tidak segera mengunyah makanan dan kemudian menelannya tetapi hanya mengemutnya dalam mulut. Cara mengatasinya adalah, berilah contoh kepada anak yaitu ambil beberapa sendok makanan dari piring kemudian perlihatkan di depan anak bahwa kalau makan harus dikunyah, bukannya diemut. Ini akan membuat anak untuk menirunya. 

  • Makan dengan kondisi tangan masih kotor. Anak yang tergolong aktif akan mencoba apa saja. Mereka juga menyentuh benda apapun yang mereka inginkan. Pada saat anda menyuapi, terkadang mereka ingin makan dengan tangannya sendiri. Alangkah baiknya untuk membiasakan anak mencuci tangan sebelum makan, meskipun disuapin. Ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu mereka ingin makan sendiri maka kondisi tangan sudah dalam keadaan bersih.

  • Lari kesana kemari. Bersabarlah jika anda dihadapkan masalah yang seperti ini. Anak yang sehat dan aktif akan selalu bergerak meskipun pada saat makan. Ibu bisa mengatasinya dengan memberikan mainan favoritnya agar anak bisa duduk manis.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Qiral Bima, Published at 10:11 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

G00glehealth situs kecil yang mengajak, untuk hidup lebih sehat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »