tips n trik ibu dan balita anda

Tips Membentuk Anak Bilingual

Tips Membentuk Anak Bilingual

Di usia dini banyak sekali pembelajaran yang didapat. Apalagi anak mempelajari bahasa kedua selain bahasa pokok yang ada. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kreativitas anak serta multitasking. Selain itu anak memiliki pemahaman yang lebih luas tentang budaya yang ada. Sudah barang tentu setiap orangtua pasti memnginginkan hal yang terbaik bagi buah hatinya.

Selain itu bahasa asing akan menjdi investasi untuk bekal di masa yang akan datang. Untuk itu, kebanyakan orangtua membekali anak mereka dengan bahasa asing dari semenjak anak masih kecil. Orangtua memiliki harapan bahwasanya ilmu yang diberikan akan menjadi bekal kelak di pasar global.

Jika anda menginginkan buah hati lancar berbahasa asing, maka sejak dini bekali mereka dengan ilmu-ilmu tersebut yaitu dengan cara mengikutkan mereka privat / les. Ini semua butuh metode dan konsistensi dari orangtua. Apabila anda sendiri tidak lancar berbahasa asing, maka tidak perlu khawatir, dibawah ini ada beberapa tips membekali anak agar menjadi anak bilingual :
  • Peran anggota keluarga sangat penting. Agar anak menjadi seorang anak bilingual, peran orangtua sangatlah penting. Pilihlah metode yang cocok bagi keluarga anda dan yang terpenting adalah konsistensi dengan pilihan anda untuk menjadikan anak anda menjadi anak bilingual

  • Metode umum. Jika komitmen orangtua sudah tercipta yaitu utuk membesarkan anak dengan memiliki kemampuan dua bahasa maka harus segera dilakukan metode pokok. Metode tersebut sering dikenal OPOL ( One Parent One Language ). Maksud dari OPOL yaitu salah satu orang tua tetap menggunakan bahasa Indonesia sedangkan orangtua yang satu menggunakan bahasa yang diinginkan ( Inggris, Arab, Cina, dll ). 

  • Dukungan dari lingkungan. Jika anak anda sudah fasih berbahasa asing, maka segera latihlah ketrampilannya. dekatkan dia dengan saudara anda yang mungkin memiliki keahlian berbahasa asing. Jika memungkinkan berikanlah les. Sekolahkan buah hati anda ke sekolahan yang menggunakan bilingual. 

  • Pembelajaran sejek dini akan lebih baik. Anak yang masih kecil memiliki otak yang dengan mudah menyerap segala sesuatu pelajaran baru. Semakin anda sering berbicara menggunakan bahasa asing maka akan semakin cepat juga untuk diserap oleh anak

  • Sering bicara. Semakin bayi mendengar suara bahasa tertentu, semakin besar kosakata yang terserap. Biasakan bicara dengan bayi dalam bahasa asing. Ajaklah bayi mengobrol terus menerus. Pastikan dia mengenal bahasa tersebut secara intens.

  • Pergi ke luar negeri. Jika anda memiliki dana untuk berlibur ke luar negeri, kenapa tidak? Ini juga sangat membantu untuk mengasah kemampuan anak untuk berbicara asing. Mereka juga akan merasa bahwa bahasa yang mereka pelajari selama ini memang benar-benar penting. Yang pada akhirnya akan membuat bangga akan dirinya sendiri. Hal ini pun baik bagi pengembangan kepercayaan dirinya.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10:52 PM and have 4 comments

4 comments:

  1. bagus bener postingnya..trmkasih atas kunjungannya kawan, sy siap pasang linknya, bisa dicek kawan

    ReplyDelete
  2. Orang tua zaman sekarang sebaiknya memang menyiapkan anaknya memiliki kemampuan menguasai beberapa bahasa.
    Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal juga.

    www.1sthappyfamily.com

    ReplyDelete
  3. @Kerupuk Ikan Super terimakasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  4. Setuju dengan pendapat kak@Lina Gustina, memang dengan begitu bisa digunakan bekal maupun dasar yang lebih dengan tujuan kedepannya bisa lebih dikembangkan..salam kenal kembali

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »