tips n trik ibu dan balita anda

Cara Memahami Bahasa Tubuh Sang Anak

Cara Memahami Bahasa Tubuh Sang Anak

Untuk menyampaikan keinginan atau sesuatu yang menjadi kebutuhannya, dalam usia  tertentu sang anak belum bisa menyampaikan dengan menggunakan kata-kata atau bahasa yang verbal. Hal tersebut dipengaruhi oleh perasaan malu yang begitu berlebihan misalnya atau memang pada dasarnya tidak berani untuk menyampaikannya. 


Untuk menghadapi  kondisi anak yang seperti ini isa dikatakan agak sulit karena kita hanya menerka apa yang diinginkan sang buah hati hanya dengan isyarat yang mereka ciptakan. Bahasa verbal tersebut ditunjukkan melalui bahasa tubuh (body language), ekspresi wajah, atau penggunaan objek tertentu seperti memainkan bajunya, tangannya, dan lain-lainnya.

Banyak sekali orangtua zaman sekarang kurang memahami tentang bahasa non verbal anak-anak. Akan tetapi seharusnya kita sebagai orangtua harus mau belajar memahami bahasa non verbal anak, agar mengerti  hal yang diinginkannya dan berbagai hal yang mereka rasakan.

Banyak sekali manfaat belajar bahasa no verbal anak. Memang tida mudah untuk mempelajarinya dalam waktu yang singkat, akan tetapi hal tersebut bisa dipelajari orang tua dengan memperhatikan gerak-gerik dan tingkah laku si kecil. Tinggal kemauan sang orang tua saja.

Banyak sekali  keuntungan yang bisa diperoleh jika orang tua bisa memahami bahasa non verbal anak-anak. Bagi mereka (anak-anak) bahasa non verbal merupakan bagian dari proses belajar dan proses terbentuknya perilaku mereka. Anak akan merasa kurang diperhatikan jika orang tua tidak mampu memahami bahasa non verbal anak.

Perhatian dari orang tua akan dapat mereka rasakan jika orang tuanya paham akan bahasa non verbal yang diungkapkannya,dan percaya diri sang anak juga akan bertambah. Yang pada akhirnya rasa percaya diri ini akan membantunya untuk lebih berani mengekspresikan kebutuhannya. Dengan begitu ia akan mudah bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar mereka.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 8:21 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »