tips n trik ibu dan balita anda

Tips Menghindari "Ngompol" Pada Ibu Hamil

Tips Menghindari "Ngompol" Pada Ibu Hamil

Ibu hamil atau bumil memiliki kebiasaan yang baru, yaitu tidak bisa menahan untuk tidak buang air kecil. Kadang bisa sampai ngompol karena memang benar-benar tidak bisa menahannya.

Jika anda pernah hamil, pasti anda juga pernah mengalaminya. Pada saat anda ke kamar mandi ingin buang air kecil tiba-tiba saja anda melihat celana dalam anda sudah basah. Padahal anda tidak merasa buang air kecil. Keadaan inkontensia terjadi pada saat batuk, bersin, bahkan pada saat tertawapun bisa saja terjadi.

Pada saat anda "ngompol", memang tidak banyak yang keluar. Tetapi tetap saja akan membuat rasa tidak nyaman karena celana yang basah. Apalagi kalau sampai tembus ke baju.

Alangkah baiknya bumil menggunakan panty liner agar tidak tembus selama beberapa bulan agar rasa nyaman dapat terjaga. Bumil juga perlu buang air kecil secara rutin bahkan ketika tak merasa butuh ke toilet.

Bayi akan terus berkembang dan rahim pu akan semakin membesar. Hal ini yang menyebabkan bumil sering buang air kecil karena posisi bayi berada tepat di atas kandung kemih. Maka dari itu disarankan untuk bumil buang air kecil setiap 2 jam sekali agar kandung kemih tetap kosong.

Inkontensia urinari terjadi karena terlalu banyak makan dan minum sehingga kandung kemih penuh; kekurangan cairan sehingga menyebabkan infeksi karena saluran kemih teriritasi; konsumsi kafein yang merangsang kandung kemih mengeluarkan urine; makanan asam, pedas, manis yang berlebihan sehingga mengiritasi kandung kemih.

Bagi bumil disarankan untuk mengurangi makanan yang pedas, asam, manis serta memastikan kebutuhan cairan terpenuhi secara cukup. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10:50 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »