tips n trik ibu dan balita anda

Tips Memberikan Obat Pada Sang Buah Hati

Tips Memberikan Obat Pada Sang Buah Hati

Ibu yang meiliki anak yang sedang sakit kebanyakan mengalami permasalahan saat akan memberi obat pada anak. Memberi masukan kepada anak untuk mau minum obat memang tidak mudah. Karena mereka sudah memilki anggapan bahwa yang namanya obat adalah pahit. jadi bagi sang ibu, ini merupakan tugas penting bagaimana caranya agar anak mau minum obat pada saat dia sakit tanpa adanya paksaan.

Yang perlu diperhatikan oleh sang ibu bahwasanya, tidak semua penyakit membutuhkan obat. Ibu harus pintar-pintar dalam memperhatikan anak. Kenali setiap penyakit yang diidap sang anak. Akan tetapi jika anak demam, maka penyakit ini tetap membutuhkan obat penurun panas agar panasnya bisa turun.

Disini ada beberapa tips agar sang anak dengan mudah minum obat pada saat dia lagi sakit. Tips tersebut antara lain :
1. Beri kepadanya pilihan rasa yang dia sukai ( rasa buah-buahan )
Banyak sekali pilihan rasa untuk obat buat anak-anak. Biasanya rasa yang disediakan adalah rasa buah-buahan. Rasa tersebut seperti rasa jeruk, strawberry, anggur,dll. Biarkan sang anak memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka.

2. Beri pengertian dngan bahasa yang ringan dan jangan berbelit-belit.
Jika ingin memberikan pengertian kepada anak soal obat yang akan diminumnya, lakukan dengan bahasa yang gampang dimengerti olehnya. Jangan berbicara berputar-putar toh mereka juga belum begitu paham. Cukup dengan memberitahu kepadanya bahwa jika sakit harus minum obat agar cepat sembuh. "Minum obat ya nak, biar cepat sembuh. Obatnya tidak pahit kok, ini kan rasa jeruk. Lihat ada gambarnya jeruknya nih. Nanti kalau mau minum obat , trus sakitnya jadi sembuh kan bisa main lagi dengan boneka beruangnya......"Misalnya seperti itu. Ingat ibu, jangan pernah menakut-nakutinya karena akan membuat trauma di masa depan.

3. Beri contoh kepadanya untuk minum obat.
Obat untuk anak memiliki dosis yang rendah , Jadi jika anda meminumnya sedikit saja maka tidak akan berpengaruh bagi kesehatan anda. Anak umur setahun lebih memiliki sifat peniru. Jadi jika anda minum obat terlebih dahulu maka secara otomatis dia akan merasa penasaran dan tertarik. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 7:01 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »