tips n trik ibu dan balita anda

Kenapa Anak Bisa Takut Penisnya Sendiri

Kenapa Anak Bisa Takut Penisnya Sendiri

Seorang ibu memiliki dua anak laki-laki. Yang pertama berumur 6 tahun dan yang kedua berumur 3 tahun. Pada saat mau mandi, tiba-tiba saja sang adik menangis ketakutan melihat penis kakaknya. Padahal setiap hari sebelumnya mereka selalu mandi bersama dan tidak ada masalah apa-apa. Sejak saat itu setiap melihat penisnya sendiri dia merasa takut dan menangis. Baik akan buang air kecil ataupun mandi. Setiap buka celana pasti tidak mau. Ibu jadi kewalahan sendiri untuk membujuk bagaimana caranya agar anaknya tidak ketakutan seperti itu. Apa solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut?


SOLUSI :

Ketakutan dengan penisnya sendiri perlu dipertanyakan. Kemungkinan anak pernah mengalami peristiwa yang membuatnya trauma. Hal ini kemungkinan tidak diketahui oleh ibu. Coba periksa kembali, apakah penis anak ada bekas luka atau tidak. Beri penjelasan kepada anak secara sederhana tentang anatomi tubuhnya. Dengan menggunakan media gambar anak kecil telanjang mungkin bisa sedikit membantu. Perkenalkanlah bagian tubuh pada gambar tersebut. Beri penjelasan bahwa penis merupakan bagian dari tubuh laki-laki.

Di usia 3 tahun sudah bisa menerima penjelasan sederhana mengenai fungsi tubuh. Beritahu kepadanya bahwa penis merukapan keluarnya air seni. Kalu tidak punya penis maka air seni tidak bisa keluar dan akan membuat sakit perut.

Jika anak menangis saat dibuka celananya, maka beri penjelasan secar hati-hati. jelaskan kepadanya bahwa dia perlu mandi, ganti celananya yang kotor, pipis, dll. Selain itu cobalah ibu untuk mencari tahu mengapa anak ibu bisa memiliki ketakutan yang seperti itu. Kemungkinan ada sesuatu yang tidak ibu cermati.

Semoga bermanfaat....



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 7:03 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »