tips n trik ibu dan balita anda

Pengaruh Radang Gusi Bagi Ibu Hamil

Pengaruh Radang Gusi Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil banyak sekali mempunyai kebiasaan-kebiasaan baru yang kadang tak masuk akal. Percaya gak percaya tapi memang semuanya terjadi. rasa mual, munta, pusing serta pegal-pegal sudah merupakan hal yang biasa. Akan tetapi masih ada satu tantangan lagi bagi ibu hamil, yaitu peradangan pada gusi (gingivitis gravidarum).
Peradangan pada gusi bida diketahui dari tampak merah pada gusi, bengkak dan dengan mudahnya gusi akan berdarah.

Hal tersebut (peradangan gusi) dapat berpengaruh juga pada jaringan penyangga gigi. Jika gusi terasa sakit ini bisa dikatakan menjadi salah satu dari gejalanya. Pada akhirnya akan terjadi pendarahan. Hati-hati jika ibu hamil mengalami pendarahan pada gusi, karena akan berpengaruh  pada janin yang ada di kandungannya. Efek pada janin yang sangat riskan adalah bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah atau malah bayi lahir prematur.

Ibu hamil biasanya mengalami permasalahan pada seputar gusi pada trimester pertama atau usia kehamilan di bawah 3 bulan. Akan tetapi ibu hamil tak perlu khawatir secara berlebihan karena hal ini termasuk masalah normal.

Di bawah ini ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap radang gusi pada ibu hamil, yaitu:

1.  Faktor primer.
Faktor primer disebabkan karena sekitar mulut mengalami iritasi, karang gigi bisa jadi sebagi penyebabnya. Kondisi ini terjadi karena adanya sisa - sisa makanan yang ada di sela-sela gigi yang terus menumpuk dan pada akhirnya akan menjadi sarang bakteri yang menyebabkan peradangan.
Ibu hamil yang mengalami mual-mual dan malas untuk melakukan gosok gigi, akan nenambah penyebab peradangan gusi. jadi saran bagi ibu hamil adalah, meskipun mual-mual tetapi paksakan untuk tetap merawat gigi dengan menggosoknya secara rutin. minimal 2 kali sehari.

2.  Faktor sekunder.
Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat  pada kehamilan memengaruhi jumlah suplay aliran darah ke gusi sehingga kondisinya menjadi membengkak. Peningkatan hormon ini akan membuat pembuluh darah melebar sehingga sistem peredaran pembuluh darah pun meningkat. Yang pada akhirnya, selain gusi bengkak juga cenderung jadi mudah berdarah. Jadi bagi ibu hamil tetap rawat kesehatan gigi, hal ini sangat penting terutama bagi janin yang ada dalam kandungan.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Qiral Bima, Published at 8:12 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

G00glehealth situs kecil yang mengajak, untuk hidup lebih sehat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »