tips n trik ibu dan balita anda

Manfaat Ibu Memijat Bayinya

Manfaat Ibu Memijat Bayinya

Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan sentuhan-sentuhan dari orangtuanya. Apalagi sentuhan dari ibu. Bayi dapat merasakan sentuhan ibu dan hal tersebut akan membuatnya lebih nyaman. Ibu juga bisa mencoba memijit bayi dengan hati-hati. Tak perlu takut untuk melakukannya. Jangan pernah membayangkan memijit bayi sama dengan memijit orang dewasa seperti yang dilakukan oleh para dukun. 

Tak perlu menggunakan kekuatan penuh untuk memijat bayi. Apalagi bayi sampai menangis menahan sakit. Tujuan memijat bayi adalah untuk memberikan rasa nyaman pada bayi serta memberikan kebugaran pada tubuhnya. Memijat bayi dilakukan secara lembut dan hat-hati. Jika ada yang sampai menekan nekan bayi maka akan berbahaya pada kesehatan bayi, apalai ada yang sampai mengayunnya, hal ini akan menyebabkan gangguan pada otak bayi.

Apabila anda ingin memijat bayi anda sendiri maka yang perlu diperhatikan adalah usia bayi anda. Bayi dibawah 6 bulan hanya butuh sentuhan-sentuhan saja. Hal ini sudah bisa dirasakannya. Sedangkan bayi diatas 6 bulan diperbolehkan memberi sedikit tekanan tetapi yang jelas jangan sampai membuat bayi merasa sakit.

Memijat memiliki manfaat yang sangat banyak, beberapanya adalah seperti dibawah ini :
  • Mempererat hubungan ibu dan anak. Rasa itu akan terjalin dan muncul pada saat tangan halus ibu menyentuh tubuh bayi. Rasa nyaman, aman, akan dirasakan oleh buah hati anda. Anak akan merasa diperhatikan oleh ibu dan merasakan kasih sayang. Sedangkan manfaat bagi ibu adalah mengasah naluri keibuan serta meningkatkan rasa sayang dan perhatian kepada anak.
  • Meningkatkan hormon endorfin. Pijatan yang lembut dari ibu akan memberikan rasa nyaman yang pada akhirnya akan merangsang tumbuhnya hormon endorfin. Bayi akan merasa lebih rileks setelah dilakukan pemijatan. Sehingga kebanyakan bayi akan tidur lelap setelah dipijat. hati-hati pada saat kondisi bayi lagi kurang sehat. Jangan melakukan pemijatan jika kondisi bayi dalam keadaan seperti ini. Hal ini bisa memperparah sakitnya. Tentunya anda tidak menginginkannya bukan?



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10:08 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »