tips n trik ibu dan balita anda

Tips Memberikan ASI Setelah Operasi Caesar

Tips Memberikan ASI Setelah Operasi Caesar



ASI eksklusif wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Untuk ibu yang melahirkan secara normal memang kadang tidak begitu memiliki katakutan untuk memberikan ASI dibanding dengan ibu yang melahirkan secara caesar. Tak perlu khawatir memberikan ASI kepada sang buah hati. Permasalahannya bukanlah karena ibu melahirkan secara normal atau caesar. Sebenarnya masalah intinya adalah bagaimana kondisi ibu setelah melahirkan. 


Dibawah ini ada beberapa tips untuk ibu yang melahirkan secara caesar dalam memberikan ASI kepada sang buah hati, yaitu :
  • Tetap minum obat. Pasca operai caesar, biasanya ibu masih harus mengonsumsi obat. Tetapi tak perlu khawatir karena obat yang diberikan merupakan obat dari dokter yang tentunya obat tersebut tidak akan berpengaruh terhadap buah hati anda. Jika anda mencoba menghindari obat-obatan tersebut, justru masalah akan menunggu anda. Obat yang diberikan oleh dokter merupakan obat penahan nyeri, jika anda tidak meminumnya secara teratur maka rasa nyeri akan menyerang dan akan mengganggu proses pemberin ASI kepada sang bayi. Konsultasikan kepada dokter jika anda masih tetap ragu-ragu. 
  • Menyusui dini.  IMD adalah Inisiasi Menyusui Dini. Ini dilakukan satu jam pertama setelah melahirkan. Dengan cara  meletakkan bayi di atas dada ibu dan bayi akan mencari sendiri puting payudara ibu. IMD akan menambah kontak batin antara ibu dan anak. Perlu adanya kerjasama antara ibu dan perawat untuk membantu  melakukan IMD. Yang perlu diketahui ibu pada saat melakukan IMD adalah, rasa sakit akibat operasi akan hilang. Yang ada hanyalah rasa bahagia melihat buah hati kita berada dalam pelukan. 
  • Butuh dukungan.  Ibu yang baru saja melahirkan butuh seorang konsultan laktasi. Para konsultan laktasi mempunyai kewajiban untuk membantu ibu agar berhasil dalam pemberian ASI kepada bayinya. Biasanya setiap rumah sakit memiliki konsultan tersebut.  
  • Posisi menyusui yang baik. Anda perlu menemukan posisi yang baik agar merasa nyaman dalam pemberian ASI. Meskipun anda melahirkan secara caesar tetapi anda harus tetap memberikan ASI kepada bayi anda. Karena bayi perlu kolostrom yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh anak. Jika anda masih merasa sakit terhadap bekas operasi, maka anda bisa menggunakan bantal sebagai alas bayi. Pemberian ASI setelah melahirkan juga dapat mencegah payudara membengkak karena pasokan ASI yang tidak terjaga.
  • Usahakan untuk selalu dekat dengan bayi. Biasanya di rumah sakit akan menyediakan ruang rawat gabung, yaitu menjadikan ibu dan bayi dalam satu ruangan. Anda akan dengan mudah memberi ASI kepada buah hati anda  jika sewaktu-waktu buah hati anda menangis karena lapar. Akan tetapi jika memang anda dan bayi anda dipisahkan, pompalah ASI anda 3-4 jam dan berikan kepada perawat untuk diberikan pada buah hati anda. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Qiral Bima, Published at 11:58 PM and have 2 comments

2 comments:

About Me

My Photo

G00glehealth situs kecil yang mengajak, untuk hidup lebih sehat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »