tips n trik ibu dan balita anda

Tips Menyusui Yang Benar Agar Terhindar Dari Lecet

Tips Menyusui Yang Benar Agar Terhindar Dari Lecet

Jika anda merupakan ibu yang baru memiliki seorang baby, maka pasti memiliki salah satu kendala mengenai menyusui. Ibu yang pertama kali menyusui pasti akan merasakan sakit pada puting payudara yang lecet. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan cara menyusui dengan posisi yang baik dan benar tentunya. 

Seorang dokter dari Ikatan Dokter Anak Indonesia yaitu dr. Badriul Hegar SpA (K),  bahwa meyusui bayi dengan posisi yang benar akan mencegah puting lecet dan tentunya pasokan ASI juga akan tercukupi. Jangan lupa juga untuk mengompres serta mengurut payudara.
  
24 jam pertama merupakan waktu belajar bayi untuk menyusu dan ibu untuk menyusui. Tips bagi ibu yang akan menyusui bayinya seperti dibawah ini :

  • Usahakan posisi ibu nyaman, ibu bisa menyandar pada tembok, atau yang lainnya bila perlu ditambah dengan bantal agar lebih nyaman menyandarnya. Kaki ibu juga harus menggantung dengan cara beri tambahan penyangga pada kaki dengan bangku kecil atau benda lainnya, yang terpenting ibu masih tetap nyaman. Barang-barang yang dibutuhkan ibu pada saat menyusui, letakkan ditempat yang tidak terlalu jauh. Agar masih tetap terjangkau jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Seperti tisu, popok, bantal bayi, dll.
  • Posisi bayi menghadap ibu. Perut bayi menempel pada perut ibu, dadanya juga menempel dada ibu, yang terpenting yaitu wajah bayi menghadap ke payudara. Dan pastikan hidung bayi tidak tertutup payudara agar bayi bisa bernafas dengan normal. 
  • Pegang tubuh bayi secara menyeluruh dengan cara menyangganya secara hati-hati. Tubuh bayi masih kecil, jadi dengan satu lengan pun masih bisa dilakukan. Tapi harus tetap hati-hati. 
  • Payudara dipegang dengan tangan yang satunya, yaitu tangan yang tidak memegang bayi. Posisi ibu jari berada diatas payudara sekitar satu jari dari areola atas ( lingkar hitam pada payudara ) sedangkan keempat jari yang lain berada dibawah payudara sehingga membuat payudara menjadi terangkat dan posisi puting mengarah keatas. 
  • Lakukan perangsangan pada bayi agar mau membuka mulutnya dengan cara sentuhkan puting payudara ke mulut bayi
  • Jika bayi bisa menemukan puting payudara maka akan membuka lebar mulutnya. Nah pada saat itu cobalah untuk memasukkan puting payudara sampai areola masuk ke dalam mulut. Hisapan bayi akan dapat dirasakan oleh ibu. 
Hubungan / ikatan batin antara ibu dan anak akan mulai terjalin sejak awal ibu menyusui. Dekapan ibu akan memberikan rasa nyaman pada bayi. Pada saat ibu sedang dalam keadaan yang kurang baik, misalnya ibu lagi marah, depresi maka hal itu akan berpengaruh pada produksi ASI. Jadi pastikan suasana hati ibu selalu dalam kondisi yang baik, agar bayi juga bisa menikmati ASI anda.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Qiral Bima, Published at 11:42 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

G00glehealth situs kecil yang mengajak, untuk hidup lebih sehat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »