tips n trik ibu dan balita anda

Tips Agar Anak Tetap Rendah Hati

Tips Agar Anak Tetap Rendah Hati

Sifat tinggi hati atau sombong akan berdampak yang tidak baik bagi anak, maka dari itu jangan biarkan hal tersebut masuk ke dalam jiwa anak anda.

Dalam pribadi yang seperti itu secara otomatis akan tumbuh sikap yang ingin menang sendiri. Sulit bersosialisasi dengan lingkungan dan yang paling buruk adalah suka merendahkan 
dan melecehkan orang lain. Sehingga sifat yang seperti itu membuat anak dijauhi teman-temannya dan memiliki banyak musuh.

Di bawah ini cara agar anak tidak memiliki  sifat sombong / tinggi hati, yaitu:
1. Sewajarnya saja jika memberikan pujian bagi anak
Untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, memberi pujianlah yang dirasa bagus untuk penghargaan baginya. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan jika memberikan pujian kepada mereka. Segala yang berlebihan hasilnya memang tidak akan baik. Alangkah baiknya jika pujian tersebut diberikan kepada anak pada saat / jika anak mencapai keberhasilan dengan usahanya sendiri. Misalnya dengan mengumpulkan uang sendiri,anak bisa membeli tas seperti apa yang dia inginkan. Jika kita yang membelikan dengan uang dari kantong kita, maka tak perlu ada pujian yang diberikan kepada sang anak.

2. Berikan selalu contoh yang baik.
Contoh yang baik bisa dilakukan oleh orang tua dengan mengajarinya untuk terus bersikap rendah hati. Dengan otomatis anak akan mencontoh semua perilaku yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi tidak ada salahya agar orang tua selalu berbuat yang baik demi anaknya juga. Jika ada teman anak anda yang main membawa mainan yang jelek, jangan pernah kita memberitahu kepada mereka bahwa mainan temennya sudah jelek, "jangan dekat-dekat nanti kotor". Hal tersebut jika sering masuk ke telinga anak akan menyebabkan rasa sombong dan tinggi hati anak.

3. Jangan pernah membanding-bandingkan.
Jika anda memiliki anak lebih dari satu, jangan sekali-sekali anda membanding-bandingkan mereka. Masing-masing anak memiliki sifat yang berbeda. Tidak semua anak memiliki prestasi yang bagus. Hobi juga tidak sama. Jika terus-terus dibandingkan dengan kakak atau adiknya maka anak yang memiliki prestasi bagus akan merasa tinggi hati.

4. Ajari anak untuk mensyukuri apa yang ada dan selalu rendah hati. 
Setiap anak memiliki kelebihan masing-masing. Beri pengetahuan kepada anak bahwa Tuhan telah menciptakan umat dengan segala kesempurnaannya, dan kita semua wajib bersyukur. sebagai rasa syukur maka kita tidak boleh sombong, selalu bersikap rendah hati, dan memperlakukan orang di sekitar kita semua sama.

5. Pupuk terus rasa empatinya
Orang tua wajib untuk meningkatkan empati anak. Jika anak anda memiliki mainan baru sedangkan ada temannya yang datang, beri penjelasan kepada anak agar mengajak temannya untuk main bersama-sama. Apabila ada pengemis yang datang ke rumah, berikan anak anda uang untuk di kasihkan ke pengemis tersebut. Jadi dia bisa merasakan dan belajar untuk saling memberi.

6. Tanamkan kepadanya bahwa orang lain juga memiliki kelebihan.
Didik anak supaya tidak selalu membanggakan dirinya sendiri. Beri penjelasan bahwa ada orang lain juga meiliki prestasi yang bagus selain dia. Hal seperti inilah yang akan membuat anak sadar bahwa bukan hanya dirinya yang memiliki prestasi bagus. Terus ajari anak untuk bersosialisasi dengan orang lain sampai ia memahami kondisi yang sebenarnya, bukan malah menjauhi apalagi memusuhi teman-temannya tersebut.

7. Karakter yang lebih baik terus dikembangkan.
Saat melihat kelebihan yang dimiliki orang lain baik itu material maupun spiritual, cobalah untuk tidak membanggakannya di depan anak anda. Apalagi sampai mengagung-agungkannya. Beri penjelasan bahwa semuanya sudah diatur sama Tuhan dan jangan pernah punya rasa iri atau ingin memiliki barang orang lain.

8. Diskusi antara orangtua dan anak. 
Ada kalanya komunikasi empat mata dengan anak emang sangat diperlukan. Jika sifat tinggi hati atau sombong anak sudah mulai muncul segeralah mengajaknya untuk bicara face to face and heart to heart. Bahas sikap anak yang kurang baik tersebut dan tentunya berikan alasan yang tepat kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Kemudian jangan lupa tetap memberikan arahan apa yang harus dilakukan.

Semoga bermanfaat buat para orang tua  .....



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Qiral Bima, Published at 10:14 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

G00glehealth situs kecil yang mengajak, untuk hidup lebih sehat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »