tips n trik ibu dan balita anda

Tips Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Tips Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Ketakutan orang tua untuk mulai  mencoba memandikan bayi mereka dengan menggunakan air dingin banyak sekali ditemukan. Padahal pada usia tertentu sang bayi memang harus dikenalkan dengan air dingin. Karena mandi dengan menggunakan air dingin akan membuat mereka lebih memiliki daya tahan lengkungan yang lebih kuat dan tentunya mandi dengan air dingin akan menyegarkan tubuh. 

Akan tetapi jangan sembarangan memandikan anak dengan air dingin. Ketahui dahulu kondisi sang bayi. Kondisi yang dimaksud adalah kondisi fisiknya. Karena pada dasarnya tidak ada aturan khusus kapan harus memperkenalkan bayi dengan air dingin.

Alangkah bagusnya bayi mulai diperkenalkan denga air dingin pada usia menginjak 6 bulan. Pada usia ini, fisik bayi sudah mulai dianggap sempurna serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat dalam menyesuaikan diri dengan lingkunannya. Tetapi tetap saja meskipun sudah menginjak usia 6 bulan kondisi fisik bayi harus benar-benar dalam keadaan yang sehat. Pada saat memandikan juga jangan terlalu lama, maksimal 15 menit dia berada dalam air dingin. Jangan lebih dari itu.

Sebenarnya bayi berusia dua bulan pun bisa juga mandi dengan air dingin, caranya dengan perlahan-lahan jangan langsung dimasukkan ke dalam bak yang berisi air dingin.

Bayi yang dinilai siap mandi air dingin di usia dua bulan juga harus memiliki kondisi yang baik ketika lahir, yaitu pada saat lahir kondisinya harus normal dan sehat, pada saat lahir usia kehamilan 9 bulan dengan berat badan minimal 2,5 kg.

Jika bayi lahir dalam kondisi prematur disarankan agar tidak memandikannya dengan air dingin di usianya yang masih 2 bulan. Karena kulit bayi yang lahir prematur lebih tipis dibandingkan dengan kulit bayi yang lahir normal (9 bulan). Dengan kondisi kulit tipis yang seperti ini akan lebih lama untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dan yang paling ditakutkan adalah akan menyebabkan bayi mengalami hipotermia (kedinginan) dan berakibat menghambat tumbuh kembangnya.

Hati-hati jika bayi prematur yang dimandikan dengan air dingin dan mengalami kedinginan, bisa menyebabkan bayi tiba-tiba lupa untuk bernafas yang disebabkan karena dinginnya air dan menghambat saluran pernafasannya.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Qiral Bima, Published at 9:00 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

G00glehealth situs kecil yang mengajak, untuk hidup lebih sehat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »