tips n trik ibu dan balita anda

Manfaat USG Bagi Kehamilan

Manfaat USG Bagi Kehamilan

Seorang ibu hamil 26 minggu memiliki permasalahan yaitu letak plasenta terlalu ke bawah. Dokter mengatakan kalau hal ini bisa membuat pendarahan. Hal tersebut dikatahui setelah dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter. Yang menjadi permasalahan dan ingin ditanyakan adalah Apakah pengaruh letak plasenta bagi persalinan dan jika letak plasenta bermasalah bagaimana cara untuk mengatasinya.

SOLUSI :
Letak plasenta atau ari-ari normalnya berada diatas rongga rahim. Pada  waktu tertentu plasenta akan berubah letaknya dibawah jalan lahir dan menutupinya  (ostium uteri internum).Awal trimester kedua akan dilakukan USG dan pada saat itu akan diketahui apakah letak plasenta sudah normal atau belum. Sehingga jika terjadi sesuatu akan segera mendapatkan tindakan dari dokter.

Resiko pendarahan akan ada jika letak plasenta menutupi jalan lahir bayi. Resiko pendarahan akan terjadi pada saat kehamilan atau nanti pasca kelahiran. Terkadang plasenta praevia yang ditemukan pada trimester kedua akan menjadi letak normal pada akhir trimester ketiga (usia kehamilan 36 minggu).

Pada kehamilan 36 minggu akan dilakukan pemeriksaan USG kembali, apakah letak plasenta masih dalam keadaan menutupi jalan lahir atau sudah kembali normal. Jika letak masih menutupi jalan lahir maka dokter akan merekomendasikan persalinan dengan operasi caesar.

Letak plasenta akan berubah dengan sendirinya mulai kehamilan 28 minggu sesuai dengan mulai terbentuknya segmen bawah rahim. Tidak ada gerakan atau upaya tertentu yang dapat mengubah letak plasenta.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 9:19 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »