tips n trik ibu dan balita anda

Pengaruh Kebersihan Gigi Terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Pengaruh Kebersihan Gigi Terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan gigi memang sangat penting. Maka dari itu kita diharuskan untuk selalu merawatnya dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Bagi ibu hamil, kesehatan gigi juga mesti diperhatikan. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa gigi sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil.
Jika gigi sampai terkena infeksi maka akan berdampak pada janin yang ada dalam kandungannya. Hal yang paling parah adalah bisa terjadi keguguran, bayi lahir prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah. 

Untuk itu sangat penting untuk ibu hamil agar selalu menjaga kesehatan giginya. Akan tetapi semuanya terhalang oleh adanya mitos seputar gigi. Beberapa ibu hamil ada yang mempercayainya. 

Di bawah ini ada beberapa mitos yang bisa membuat ibu hamil ragu untuk merawat giginya pada saat dia hamil. Yaitu:
1. Mitos tentang pasta gigi yang tertelan akan membahayakan ibu hamil dan janin.
Pasta gigi mengandung mineral yang dibutuhkan oleh gigi, jadi apabila sampai tertelan maka tidak akan berbahaya baik bagi ibu maupun janinnya.

2. Mitos tentang obat kumur yang tertelan mempunyai resiko.
Formula yang terkandung dalam obat kumur sudah diteliti sebelum obat kumur tersebut diproduksi dan dipasarkan. Jadi tak perlu mengkhawatirkan obat kumur yang tanpa sengaja tertelan. Obat kumur dapat membuat mulut menjadi lebih segar dan nyaman bagi ibu hamil, karena ibu hamil sering merasakan mual-mual yang pada akhirnya akan muntah.  

3. Mitos tentang larangan ibu hamil tidak diperbolehkan pasang kawat gigi.
Ibu hamil diperbolehkan memasang kawat gigi dengan syarat tetap bisa merawatnya. Selama ibu hamil merasa aman dan nyaman serta masih bisa makan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan tidak mengganggu kesehatan ibu beserta janin yang ada dalam kandungan. Ingat, kebersihan gigi harus tetap dijaga karena sisa makanan bisa terselip di sela-sela gigi. 

4. Mitos tentang ibu hamil  tidak diperbolehkan memutihkan gigi.
Memutihkan gigi tak akan berdampak pada janin, akan tetapi memutihkan gigi mempunyai efek yang terasa ngilu pada gigi, secara otomatis kenyaman akan sedikit terganggu.
Yang jelas pengaruh kebersihan gigi terhadap kesehatan ibu hamil sangatlah erat.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 9:52 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »