tips n trik ibu dan balita anda

Manfaat ASI Bagi Bayi

Manfaat ASI Bagi Bayi

ASI eksklusif sangat dibutuhkan oleh bayi. Usahakan setelah anda melahirkan, berilah bayi anda ASI karena ASI sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Survei membuktikan bahwa bayi yang diberi ASI akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat daripada bayi yang tidak diberi ASI atau hanya diberi susu formula. 

Bayi lahir sampai umur 6 bulan asupan makanan hanya dari ASI sudah lebih dari cukup. Ibu harus makan yang cukup bergizi karena akan berpengaruh terhadap kualitas air susu yang dihasilkan. Banyak sekali manfaat dari ASI. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ASI merupakan salah satu faktor menurunkan resiko kematian bayi hingga 22%.

Pemberian ASI eksklusif sampai bayi berumur 6 bulan merupakan investasi kesehatan jangka panjang bagi anak. Bagi ibu yang awal meyusui belum bisa menyusui dengan baik, dalam artian air susu belum keluar maka jangan berhenti berusaha untuk tetap terus memberikan ASI kepada bayi. Memang sangat sulit pada awal menyusui , tetapi setelah 3 - 4 hari akan terbiasa. Jangan sia-siakan ASI  buat buah hati anda. Ingatlah kesehatan yang akan didapatkannya. ASI ekslusif memiliki kaitan denga kecerdasan anak di kemudian hari serta.

Masa-masa kritis  yang harus diwaspadai yaitu mulai dari ibu hamil sampai anak berumur 2 tahun. Jika sampai disepelekan maka akan berakibat pada tumbtuh kembang anak yang tidak bagus. Misalnya anak bertubuh pendek, memiliki IQ yang rendah, serta pertumbuhan emosi yang tidak bagus juga.  

Kadang ibu memiliki sudut pandang yang lain. menyusui membuat bentuk payudara akan menjdi kendor atau menjadi tidak indah lagi. Hal ini justru merupakan anggapan yang salah. Karena ibu yang menyusui akan memiliki payudara yang lebih kencang dibandingkan ibu yang tidak menyusui.  

ASI mengandung kolostrum yang tidak dimiliki oleh susu formula. Kolostrom sendiri mempunyai manfaat yang baik yaitu sebagai pondasi tubuh anak agar tidak mudah sakit. Sampai umur 6 bulan cukup diberi ASI saja, tidak perlu menambahkan makanan yang lain. Karena ASI sudah mampu mencukupi kebutuhan bayi

Anda tak perlu terlena dengan penawaran-penawaran susu formula yang ditawarkan di media - media elektronik. Tetap teguh saja memberi ASI pada bayi anda. Apapun yang ditawarkan mengenai susu formula, sekalipun susu formula tersebut mahal harganya tetapi masih tetap kalah dengan ASI yang gratis. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 11:11 PM and have 3 comments

3 comments:

  1. yang jelas ini mah manfaatnya bbnyk banget , selain dpt mmbntu kekebalan tubuh pada si kecil .. dan masih bnyk lagi :)
    .nice invo . mampir ya http://kreasiisengmiti.blogspot.com/2012/09/give-best-love-and-fantasy.html .

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bagus gan untuk jadi bahan bacaan....
    Banyak orang tidak mengerti manfaat asi dengan baik dan menyepelekannya bagi yang mengerti pasti akan makan makanan penambah asi agar asi yang diproduksi menjadi berlimpah atau dengan cara memperbanyak asi walau pun mereka bekerja sekali pun pemenuhan asi menjadi kewajiban, bahkan ada banyak orang mempelajari Penyimpanan asi yang tepat agar asi dapat tetap tersalurkan.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »