tips n trik ibu dan balita anda

Pengaruh Game Online Bagi Anak

Pengaruh Game Online Bagi Anak

Berhati-hatilah memberikan mainan kepada anak. Apalagi yang menyangkut masalah permainan game. Akhir-akhir ini marak sekali yang namanya game online. game tersebut memiliki pengaruh yang baik untuk sang anak, akan tetapi jangan kemudian terus-terusan membiarkan mereka online terus. Setiap anak memiliki waktu untuk bermain. Jadi beri penjelasan kepada mereka bahwa waktu dalam sehari tidak boleh dihabiskan hanya untuk main. 


Meskipun anak memang belum memiliki kegiatan lain selain bermain, akan tetapi semuanya tidak boleh berlebihan, hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan anak dari yang namanya kecanduan main game online. 

Seorang anak belum bisa dikatakan kecanduan dalam bermain game jika dia bermain game kurang dari satu jam. Apabila sudah lebih dari jam tersebut, wah......anak anda berarti sudah termasuk anak yang memiliki kategori kecanduan game.

Kecanduan game juga memiliki efek yang tidak baik bagi sanga anak, hal tersebut misalnya:
*. Rasa tanggungjawab yang hilang
Jika anak sudah termasuk dalam anak yang memiliki kaategori kecanduan game, maka dia akan melupakan segalanya. Yang dia pikirkan hanyalah maen game.....maen game....dan maen game lagi. Tanggung jawab serta kewajibannya akan ditinggalkan,misalnya membantu orangtua untuk sedikit bebenah, mengerjakan tugas dari guru di sekolahan, bahkan untuk makan dan tidur siang pun juga akan dilupakannya. Mereka lebih berat untuk berada di depan komputer atau game elektronik lainnya yang dia miliki.

*. Anak menjadi lebih agresif
Perilaku agresif akan muncul dengan sendirinya pada diri anak yang kecanduan game. Mereka akan lebih asyik untuk bermain sendiri dan akan mengacuhkan sesuatu yang ada disekitarnya. Mereka tida akan mau diganggu dalam hal apapun dan oleh siapapun, karena mereka hanya ingin memena ngkan  game yang dimainkannya. rasa egoisnya juga akan muncul karena dia tidak akan mau berbagi main dengan orang lain.

*. Kurang fokus
Kecanduan game akan sangat mengganggu jika sampai mempengaruhi pada pelajaran. Mereka akan lebih fokus pada game, dan untu masalah pelajaran mereka akan menomor sekian kan. hati-hati jika anak sudah sampai dalam tingkat yang seperti ini. Orangtua wajib untuk memutar otak bagaimana caranya untuk membalikkan keadaan, yaitu agar anak kembali fokus pada pelajaran sekolah.


*. Berimajinasi tinggi
Jika anak sudah kecanduan game maka pikiran mereka bisa dikatakan sedikit berubah juga. Dalam permainan game berantem  misalnya, disana banyak sekali nyawa, jadi ketika berantem kemudian ada yang mati,  maka bisa hidup lagi. Karena memiliki banyak nyawa itu tadi. takutnya mereka tidak bisa membedakan antara dunia maya dan dunia nyata. Lebih menakutkan lagi jika apa yang ada dalam game, mereka realisasikan dalam dunia nyata. Hati-hatilah terhadap pengaruh game bagi anak anda

Waspadalah bagi para orangtua.....



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 9:40 AM and have 2 comments

2 comments:

  1. ada tambahan nih disini silahkan di baca + komen juga boleh banget :)

    . maaf ya pake link
    http://kreasiisengmiti.blogspot.com/2012/09/kecanduan-games-sama-dengan-adiksi-napza.html .

    ReplyDelete
  2. gak papa mbak mutiara...terimakasih atas waktunya singgah di sini..thx

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Anak Dan Bimbingan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Info Terbaru

Seputar Obat

Interior Anak

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder
More on this category »

Seputar Kehamilan

More on this category »